Monday, December 19, 2011

Tips Berhenti Merokok

Berikut ini informasi seputar tips berhenti merokok semoga bermanfaat untuk anda. Mari kita simak tips berhenti merokok dibawah ini.
Sudah tidak terhitung tips stop merokok yang dikemukakan oleh berbagai pihak. Baik oleh mantan perokok yang sukses berhenti merokok, maupun tips yang dikeluarkan oleh para ahli kesehatan. Namun, tidak banyak para pecandu rokok yang akhirnya bisa terlepas dari jeratan rokok.

Tips stop merokok sebagus apapun hanya akan menjadi deretan kata tanpa makna dan tanpa kekuatan jika tidak ditindaklanjuti dengan langkah nyata oleh perokok aktif. Kesadaran dan keinginan untuk hidup sehat harus dimiliki agar rangkaian kata tersebut menjadi bermakna. Karena tips stop merokok hanyalah langkah-langkah teknis yang akan bekerja jika ada action dari si perokok sendiri.

Temukan AMBAK
Mengubah sebuah kebiasaan yang sudah mengakar tidaklah mudah. Apalagi kebiasaan merokok. Selain karena faktor kebiasaan juga pengaruh candu nikotin ikut mengikat pelaku untuk terus mengkonsumsi rokok. Oleh karenanya untuk lepas dari jeratan kebiasaan ini, seorang perokok harus benar-benar memiliki alasan kuat mengapa ia harus berhenti merokok?
Apa Manfaatnya BAgiKu (AMBAK)? Ya, agar keinginan dan motivasi untuk berhenti merokok benar-benar tertanam dalam diri seorang perokok ia harus menemukan sebanyak mungkin manfaat yang akan dia peroleh jika berhenti merokok. Kemudian menuliskannya pada selembar kertas. Semakin banyak AMBAK yang Anda temukan maka motivasi Anda untuk berhenti merokok juga akan semakin tinggi.
Quote:
Misalnya:
Dengan berhenti merokok jantung saya lebih sehat
Dengan berhenti merokok saya bisa menabung lebih banyak
Dengan berhenti merokok keluarga saya lebih sehat
Dan lain-lain

Kemudian tempelkan lembaran kertas berisi AMBAk tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat. Sehingga setiap saat Anda bisa membacanya dan nuansa motivasi untuk stop merokok tersebut terus mengitari diri Anda.

Temukan DAMPAK

Selain itu menemukan dan merenungi DAMPAK yang muncul jika Anda tidak segera menghentikan kebiasaan merokok juga akan membantu Anda lebih termotivasi untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Temukan sebanyak mungkin DAMPAK yang akan muncul jika Anda tidak segera berhenti merokok.
Misalnya:

  • Jika tidak berhenti merokok maka paru-paru saya akan semakin keropos. Dan bisa jadi beberapa tahun ke depan ia akan semakin parah dan menjadi penyebab kematian saya.
  • Jika tidak segera berhenti merokok, keluarga saya akan terus teracuni oleh asap rokok yang saya hembuskan setiap hari. Boleh jadi beberapa tahun ke depan satu demi satu dari mereka akan menderita penyakit jantung, paru-paru, stroke, impoten dan lain sebagainya. Semua tentu saja akan merenggut kebahagiaan keluarga saya.
Tulis semua DAMPAK tersebut pada selembar kertas, kemudian tempelkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat. Baca dan resapi dampak tersebut setiap hari. Dan bersiaplah untuk bangkit mencegah dampak-dampak terburuk yang akan mengintai Anda dan keluarga melalui sebatang rokok.

Temukan DUKUNGAN

Setelah berhasil menemukan AMBAK dan DAMPAK, maka sekarang saatnya Anda menemukan DUKUNGAN dari lingkungan Anda. Ungkapkan keinginan untuk berhenti merokok kepada orang-orang terdekat. Misalnya; pasangan, orang tua, anak atau sahabat dekat. Kemudian minta dukungan dan motivasi dari mereka. Yakinlah dengan mengkomunikasikan keinginan Anda maka keinginan Anda untuk berhenti merokok akan segera terwujud.

0 komentar:

Post a Comment