Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Nanas

Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas juga memiliki nama ilimiah (Ananas Comosus) dalam bahasa inggris disebut (Pineapple), orang spanyol menyebutnya pina. Pada abad ke-16 orang spanyol membawa nanas ke Filipina dan semenanjung malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15 (1599). Di Indonesia awalnya sebagai tanaman pekarangan dan meluas dilahan kering di seluruh wilayah nusantara. Nanas kini ditanam di daerah tropik dan sub tropik.

Fungsi Buah Nanas:

Buah nanas berfungsi untuk melangsingkan tubuh, nanas juga bisa meluruhkan timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Nanas memiliki beberapa kandungan vitamin A, vitamin C, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, magnesium, Kalium, Sukrosa, Dekstrosa, Enzim Bromelain.

Manfaat Buah Nanas:

1. Kaya vitamin dan mineral.

Manfaat nyata dari nanas adalah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, serat dan vitamin C. Di samping itu rendah lemak dan kolesterol.

2. Memperkuat tulang.

Salah satu manfaat dari nanas adalah membantu membangun tulang yang sehat. Nanas kaya mangan, mineral yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu cangkir nanas memberikan 73 persen dari jumlah yang disarankan harian mangan. Manfaat nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.

3. Baik untuk gigi.

Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi yang buruk jika Anda memiliki gusi tak sehat. Dengan makan nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian.

4. Mencegah degenerasi makula.

Nanas mengandung banyak beta karoten yang baik untuk mata dan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi nanas sehari dapat menurunkan kesempatan mendapatkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua.

5. Membantu arthritis.

Bromelain pada nanas juga dianggap sebagai anti inflamasi yang efektif. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah cangkir nanas segar harian diakui dapat meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera karena dianggap untuk mengurangi inflamasi dan pembengkakan.

6. Meredakan batuk dan pilek.

Manfaat nanas ketika Anda terserang flu atau batuk adalah sama dengan manfaat dari jus jeruk, tetapi ada keuntungan tambahan dari nanas. Bromelain yang ditemukan dalam nanas, telah ditemukan untuk membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.

7. Melancarkan pencernaan.

Bromelain yang ditemukan dalam nanas membantu dalam pencernaan. Makan satu potong nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

8. Meringankan sinusitis dan bronchitis.

Bromelain telah terbukti bermanfaat untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti sinusitis dan bronkitis. Bromelain membantu mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, sinus dan daerah pernapasan.

9. Mengurangi risiko penggumpalan darah dan penyakit jantung.

Nanas dapat membantu mengurangi risiko bekuan darah, dengan demikian juga mencegah terjadinya masalah pada jantung.

Manfaat NanasManfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan:

Manfaat Nanas

  1. Air perasan (Jus) Nanas: Cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan
  2. Daun Nanas (cuci bersih, ditumbuk halus, balurkan pada yang sakit): Untuk luka bakar, gatal dan bisul
  3. Ketombe: Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Peradangan kulit: sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  5. Sembelit: minum air perasan dari 3 buah nanas, namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.
Khasiat Buah Nanas:
  1. dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
  2. membantu pencernaan makanan di lambung,
  3. antiradang,
  4. peluruh kencing (diuretik),
  5. membersihkan jaringan kulit yang mati,
  6. mengganggu pertumbuhan sel kanker,
  7. menghambat penggumpalan trombosit.

0 komentar:

Post a Comment