Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Timun

Timun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, buah ini biasanya dipanen ketika belum masak benar dan bisa dijadikan sayuran atau penyegar. timun juga dapat digunakan untuk membantu melembabkan wajah dan bisa menurunkan darah tinggi.Timun adalah buah berwarna hijau dengan larik larik putih kekuningan, bentuk buah timun ini memanjang seperti terpedo. Buah ini di panen ketika masih 1/2 maatang.

Kandungan Buah Timun:

Mentimun banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B1, B2, dan vitamin C.

• Kandungan gizi yang lain adalah karbohidrat, protein, lemak, dan kalori (energi).

• Zat lain yang dikandungnya adalah mineral, seperti fosfor, zat besi, kalsium, magnesium dan kalium.

• Buah mentimun juga mengandung asam malonat dan serat yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Timun Untuk Kesehatan:
• Mentimun adaah salah satu buah yang memiliki kandungan air berlimpah. Mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk melancarkan buang air kecil.

• Kandungan air dalam mentimun juga sangat baik untuk membersihkan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh. Selain itu mampu menghilangkan racun yang mengganggu kesehatan tubuh.

• Biji-biji pada mentimun yang berlendir ternyata memiliki racun alkaloid. Jangan salah sangka dulu saat mendengar kata racun, karena ternyata racun ini bisa dimanfaatkan untuk obat cacing pada anak kecil.

• Kalau tekanan darah naik, makan mentimun! Anjuran ini sangat sering kita dengar, dan ini memang benar. Kandungan kalium, fosfor dan magnesium yang cukup tinggi dalam mentimun memang bisa menurunkan hipertensi.

Manfaat buah mentimun yang lain adalah dapat meluruhkan asam urat pada persendian dan melunturkan kristal-kristal yang terbentuk di dalam ginjal (penyebab batu ginjal).

• Bagi Anda yang sedang diet, buah mentimun sangat baik untuk dikonsumsi. Buah mentimun ini sangat rendah kalori dan memiliki serat yang sangat baik untuk menjaga berat badan Anda.
Selain itu, asam malonat pada mentimun bisa berguna untuk mencegah gula dalam darah berubah menjadi lemak, dimana lemak ini tentunya bisa mengakibatkan kegemukan.

• Manfaat buah mentimun adalah untuk mengobati bengkak pada kulit, misalnya akibat gigitan serangga atau sengatan lebah. Anda tinggal memotong buah mentimun, dihancurkan, lalu usapkan pada kulit yang membengkak.
Cara lain yang lebih efektif bila ingin menyembuhkan sengatan lebah, hancurkan mentimun dengan blender. Setelah itu oleskan/rendam bagian tubuh yang terkena sengat lalu biarkan sekitar satu jam agar bengkak, rasa nyeri dan gatal akibat lebah ini bisa mereda.

• Anda tentu pernah memakan buah mentimu yang memiliki rasa pahit. Jangan salah sangka bahwa mentimun pahit itu tidak baik. Sebaliknya, rasa pahit yang disebabkan zat saponin itu ternyata sangat berguna untuk mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh maupun menurunkan kolesterol jahat.

• Selain untuk kesehatan tubuh, mentimun sangat baik untuk masker yang berguna untuk meremajakan kulit wajah sehingga tampak segar, tak mudah keriput dan tidak kering karena selalu terjaga kelembabannya.

• Manfaat buah mentimun tidak terbatas bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah, tapi juga bisa digunakan sebagai pengusir hama (misalnya kecoa dan semut).

0 komentar:

Post a Comment