Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Anggur

Buah Anggur Dahulu di budidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah, tetapi proses pengolahana buah Anggur menjadi minuman anggur di temukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan Anggur mulai tersebar luad di berbagai penjuru dunia. Penyebaran ini semakin berkembang pesat dengan adanya perjalanan Columbus.

Buah Anggur merupakan tanaman buah yang merambat, Buah Anggur di kenal karena memiliki banyak kandungan senyawa polifenol dan resverator yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh dan mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit. Buah Anggur jufa berperan sebagai senyawa Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Kandungan Buah Anggur:
  • Karotenoid dan likopen
  • Mangan
  • Vitamin C, B6, K dan B1
  • Resveratrol (kemungkinan dapat mencegah kanker)
Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan:

1. Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.


3. Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.


5. Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.


6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.


7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.


8. Pencernaan

Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.


9. Migrain

Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.


10. Gangguan ginjal

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

0 komentar:

Post a Comment