Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Rambutan

Buah Rambutan adalah buah yang biasa di tanam di cuaca tropis, buah Rambutan tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata Rambutan berasal dari buahnya yang memiliki kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

kandungan Buah Rambutan:

Setiap 100 gr atau sekitar 3 buah rambutan mengandung 18 gr karbohidrat, 58 gr vitamin, dan 70 kalori. Kandungan serat rambutan juga tergolong tinggi yakni 2 gr dari setiap 100 gr buah.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan:
  • Penyakit disentri.
Sediakan kulit buah rambutan secukupnya. Potong-potong kecil. Setelah agak halus, tambahkan tiga gelas air secukupnya dan didihkan hingga mencapai suhu 100 derajat. Setelah airnya berwarna kehitam-hitaman dan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah itu, lakukan penyaringan untuk selanjutnya diminum secara rutin tiga kali sehari.
  • Menyuburkan rambut.
Ambil beberapa helai daun rambutan, kemudian tumbuk sampai halus. Campurkan air masak dingin secukupnya. Peraslah, dan saring air hasil perasan tersebut. Maka, shampo berbahan baku daun buah rambutan pun siap untuk menyuburkan rambut Anda.
  • Penyembuhan demam.
Ambil kulit rambutan yang sebelumnya telah dikeringkan. Cuci dan tambahkan beberapa gelas air, setelah itu rebus hingga mendidih. Minumlah airnya secara rutin 3 kali sehari.
  • Kencing manis.
Ambil 5 biji rambutan, kemudian goreng sangrai. Setelah itu, biji yang telah disangrai tersebut tumbuk sampai halus dan campurkan dengan segelas air putih panas. Setelah dingin, minumlah sekaligus dan lakukan secara konsisten.

0 komentar:

Post a Comment