Monday, December 19, 2011

Manfaat Wortel

Berikut ini informasi seputar manfaat wortel semoga bermanfaat untuk anda. Mari kita simak manfaat wortel dibawah ini.Wortel, buah berbentuk panjang dengan warna kemerahan ini sering digunakan sebagai masakan. Karena itu banyak pula yang menyebutnya sebagai sayur wortel. Manfaat buah wortel tidak hanya sekedar sebagai bahan pelengkap masakan, tapi juga sangat baik untuk kesehatan bagi yang suka mengkonsumsinya.
Anda suka minuman jus? Cobalah untuk meminum jus wortel. Ini adalah salah satu cara untuk mengkonsumsi buah wortel bila Anda malas untuk memakannya langsung. Berbagai manfaat buah wortel pasti Anda rasakan bila Anda rutin mengkonsumsinya.

Kandungan Buah Wortel
Buah yang identik sebagai makanan kelinci ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi dan non gizi yang sangat baik untuk kesehetan tubuh.

• Mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan juga vitamin K.

• Memiliki kandungan protein, karbohidrat dan lemak yang cukup menyehatkan tubuh.

• Zat-zat lain yang sangat bagus untuk tubuh adalah beta karoten, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan asam amino.

• Wortel merupakan buah yang mengandung cukup banyak serat.
Manfaat Buah Wortel
Buah berbentuk panjang ini sangat banyak manfaatnya mengingat kandungan nutrisinya yang sangat berlimpah. Berikut beberapa contoh manfaat buah wortel yang harus Anda ketahui.

• Seperti yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang bahwa wortel sangat kaya akan vitamin A. Vitamin ini sangat baik untuk menjaga penglihatan dan kualitas kesehatan mata Anda. Bila Anda rutin mengkonsumsi buah wortel, mata Anda akan tidak mudah rabun.

• Vitamin B-nya sangat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Yang dimaksud metabolisme adalah segala reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh, terutama pada proses pencernaan.

Manfaat buah wortel yang lain adalah untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak gampang terserang penyakit seperti flu atau demam. Selain itu juga menghindarkan kita dari panas dalam atau sariawan.

• Proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah sangat terbantu apabila Anda rutin mengkonsumsi buah wortel. Hal ini dikarenakan wortel mengandung banyak zat besi yang sangat baik untuk proses regenerasi dalam sel darah. Manfaat buah wortel yang satu ini bisa dirasakan oleh penderita kurang darah atau yang biasa disebut anemia.

• Kalsium yang cukup tinggi pada buah wortel mampu membantu menjaga keutuhan tulang-tulang tubuh kita agar terhindar dari osteoporosis (tulang keropos).

• Buah wortel diklaim mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

• Sangat baik dalam membantu proses menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga terhindar dari stroke atau penyakit jantung yang membahayakan.

• Beta karoten yang tinggi dalam wortel bisa berfungsi sebagai zat antioksidan yang gunanya adalah untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga menghambat kerusakan sel dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker maupun tumor.

Manfaat buah wortel juga bisa dirasakan oleh para wanita yang sedang haid atau datang bulan. Buah wortel ini dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri atau sakit yang diderita saat haid datang.

• Kandungan seratnya yang cukup banyak, bisa melancarkan proses pencernaan dalam perut Anda.

Ternyata manfaat buah wortel sangat melimpah dan baik untuk kesehatan. Karena itu makanlah buah wortel secara rutin, baik dalam bentuk masakan ataupun dijadikan sebagai minuman jus. Sangat murah, tapi kaya manfaat.

0 komentar:

Post a Comment