Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Mengkudu

Berikut ini informasi seputar manfaat mengkudu semoga bermanfaat untuk anda. Mari kita simak manfaat mengkudu dibawah ini.
Buah mengkudu atau yang juga lazim dikenal dengan nama buah pace dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Menyadari manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, beberapa produsen bahkan memproduksi ekstrak buah mengkudu secara modern dalam bentuk minuman kesehatan.

Karakteristik Mengkudu.
Pohon mengkudu dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Tinggi pohon berkisar 5 meter. Memiliki akar tunggang yang jauh menancap dalam tanah.
Ukuran daun mengkudu besar. Berwarna hijau mengkilap. Tepi daun rata. Membulat dengan ujung runcing pendek. Daunnya dapat dimakan, bahkan di Aceh dijadikan sebagai makanan khas buka puasa.
Buah mengkudu memiliki bentuk yang khas. Bulat melonjong dengan permukaan berbintik dan kasar. Bau buah mengkudu sangat khas, tajam menusuk. Tapi banyak orang yang tidak hirau. Itu karena mereka menyadari manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah bernama latin Morinda citrifolia ini bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu disebabkan karena adanya kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus.
Pengaktifan kedua kelenjar ini menyebabkan peningkatan reaksi tubuh terhadap ancaman infeksi dan masalah yang berhubungan dengan fungsi kekebalan tubuh.

Menormalkan Tekanan Darah

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena zat fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Akibatnya pelebaran tersebut, jantung tidak bekerja keras memompa darah. Akibatnya tekanan darah menjadi normal.

Mengobati Tumor dan Kanker

Zat aktif dalam mengkudu dapat berfungsi menghambat aliran darah menuju sel kanker dan tumor. Karena suplai darah terhambat, maka sel-sel kanker dan tumor dapat dimatikan.

Menghilangkan Rasa Sakit
Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sejak dahulu dipercaya bangsa Polinesia, tempat asal mula tanaman ini. Mereka bahkan memberi julukan pada mengkudu sebagai Hawai Magic Plant karena ampuh menghilangkan segala rasa sakit.

Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Konsumsi buah mengkudu juga dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung dapat diobati dengan mengkudu.
Berkhasiat Anti Bakteri

Kandungan beberapa unsur zat antraquinon dalam mengkudu terbukti bersifat anti bakteri. Karena itu buah mengkudu dapat mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan infeksi bakteri seperti pilek, demam dan beberapa jenis penyakit kulit.

Mengobati Penyakit Defisiensi Vitamin C
Buah Mengkudu memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Karena itu dapat digunakan untuk penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, gusi berdarah, dan lain-lain.
Vitamin C tersebut juga penting untuk membantu menangkal radikal bebas dan merupakan salah satu zat antioksidan yang ampuh.

Melihat manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang sangat banyak, tentu Anda tertarik untuk mencoba mengkonsumsi buah ini. Salah satu caranya adalah dengan membuat jus mengkudu. Sayangnya, bau yang sangat menyengat membuat orang tidak tertarik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk minuman kesehatan atau yang telah dikemas dalam bentuk kapsul.

0 komentar:

Post a Comment