Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Bengkoang

Berikut ini informasi seputar manfaat buang bengkoang semoga bermanfaat untuk anda. Mari kita simak manfaat buang bengkoang dibawah ini.

Buah bengkuang ini memang tak terlalu banyak dikonsumsi orang, kecuali bila orang tersebut ingin membuat rujak. Untuk konsumsi sehari-hari, kebanyakan orang lebih memilih buah lain yang terasa lebih manis, seperti apel misalnya. Padahal, manfaat buah bengkuang sangat banyak karena kandungan gizinya yang melimpah.

Kandungan Nutrisi Bengkuang
Buah bengkuang mengandung beberapa nutrisi penting yang berguna bagi kesehatan. Sebagai umbi-umbian, bengkuang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung protein dan lemak yang sedikit.
Kandungan lain buah bengkuang ini adalah beberapa vitamin (A, B, C, dan E), mineral (kalsium, fosfor, dan zat besi). Selain itu, buah segar ini mengandung serat yang cukup tinggi.

Manfaat Buah Bengkuang
Anda sudah tahu kandungan gizinya? Sekarang Anda harus mengetahui tentang manfaat buah bengkuang yang satu ini. Berikut adalah beberapa contohnya :

• Vitamin C-nya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan agar tubuh tidak terserang penyakit, mencegah sariawan dan panas dalam.
Selain itu vitamin C memiliki fungsi sebagai zat antioksidan yang sangat baik dalam memperbaiki sel jaringan yang rusak.

• Kandungan vitamin B1 yang cukup tinggi pada buah bengkuang bisa mencegah penyakit beri-beri .

• Bengkuang adalah buah yang bersifat dingin, karena itu buah ini terasa sangat menyegarkan saat dimakan.
Buah ini sangat baik untuk mencegah produksi asam lambung berlebihan yang bisa menyebabkan penyakit mag.
Karena sifatnya yang dingin ini pula, buah bengkuang cukup efektif untuk menurunkan demam denganc ara dimakan langsung atau dibuat minuman jus.

• Buah segar ini bisa mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.
Manfaat buah bengkuang adalah untuk menurunkan kolesterol jahat penyebab dua penyakit berbahaya tersebut. Hal ini disebabkan kandungan air dan serat yang sangat tinggi pada buah bengkuang, termasuk antioksidan yang terkandung dalam buah tersebut.

• Buah bengkuang termasuk salah satu buah yang mengandung zat fitoestrogen.
Zat ini sangat baik bagi wanita. Manfaat buah bengkuang ini sangat dirasakan ketika masa menopause wanita datang, yaitu suatu masa dimana hormon-hormon kewanitaan sudah tidak produktif dan mempengaruhi fisik wanita.
Segala keluhan wanita pada masa itu tidak akan dirasakan, wanita usia lanjut pun akan tetap segar bila selau mengakonsumsi fitoestrogen alami yang terkandung dalam buah bengkuang.

• Serat pangan yang cukup tinggi pada buah bengkuang sangat baik untuk mencegah sembelit, wasir, bahkan kanker kolon.
Hal ini karena serat pangan sangat membantu proses pencernaan. Manfaat buah bengkuang ini juga bisa dinikmati oleh Anda yang sedang diet.

• Serat pangan bengkuang juga bisa menurunkan kadar gula darah, karena zat-zat makanan tersebut akan terserap oleh serat-serat bengkuang dan tidak akan diubah menjadi glukosa.
Fungsi mencegah naiknya kadar gula ini juga sangat baik untuk diet.

Ternyata banyak sekali manfaat buah bengkuang yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi mulailah mengkonsumsi buah bengkuang secara rutin, tidak hanya pada saat Anda ingin membuat rujak saja, tapi juga dimakan langsung atau dibuat jus bengkuang.

0 komentar:

Post a Comment