Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Belimbing

Buah belimbing adalah buah yang berasal dari Indonesia, India dan Sri Lanka. Buah Belimbing sudah tersebar du penjuru Asia Tenggara, Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga Dan Polinesia. Di Indonesia buah ini menjadi icon kota Depok, Jawa Barat, Sejak tahun 2007. Buah belimbang dengan nama latin Averrhoa Carambola, Buah dengan bentuk bulat panjang dengan rusuk tajam berjumlah lima dengan rasa manis yang menyegarkan. di dunia buah ini dikenal dengan sebutan Star Fruit, karena bentuk buahnya yang jika dipotong tampak seperti bintang.

Manfaat Buah Belimbing:

Buah belimbing yang kaya akan air dan serat ini memiliki banyak manfaat. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menerapkan pola hidup sehat dengan cara diet, serta memiliki potensi terkena stroke akibat tekanan darah yang tinggi. Beberapa manfaat buah belimbing di antaranya adalah :

1. Buah belimbing banyak mengandung vitamin khususnya A dan C. Hal ini bermanfaat bagi tubuh guna meningkatkan daya tahan terhadap serangan penyakit. Karena dalam kedua jenis vitamin yang dikandungnya, terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan.

2. Pada jenis belimbing manis, mengandung banyak zat pektin. Zat ini berfungsi untuk mengurangi kolesterol, mencegah hepatitis dan memperlancar buang air besar.

3. Bagi yang menginginkan berat tubuhnya terkontrol, buah ini sangat bermanfaat. Karena kandungan serat dalam buah belimbing bisa berfungsi untuk memperlancar pencernaan.

4. Memakan buah belimbing secara langsung, bisa bermanfaat untuk mencegah infeksi mulut dan tenggorokan.

5. Bagi penderita kencing batu, belimbing bisa dijadikan salah satu pengobatan herbal dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dengan ditambah campuran madu alami.

Kandungan Buah Belimbing:

Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram yang matang mengandung :
  • Energi : 35 kal
  • Protein : 50 gram
  • lemak : 70 gram
  • Karbohidrat : 7,70 gram
  • Kalsium : 8 mg
  • Serat : 0,90 gram
  • Vitamin A : 18 RE
  • Vitamin C : 33 Mg
  • Niacin : 0,40 gram
Khasiat BelimbingManfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan:

Berikut ini manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan pengobatan yang bisa anda praktekkan:

1. Gondongan

10 ranting muda jenis wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ketempat yang sakit.

2. Batuk pada anak

Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir, ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan sepotong kain, dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan malam sewaktu perut kosong.

3. Rematik

100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempat yang sakit.

4. Sariawan

Segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, dipakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.

5. Jerawat

Buah belimbing wuluh secukupnya dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan air garam seperlunya, untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

6. Pegel linu:

1 genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ketempat yang sakit.
Khasiat Belimbing

0 komentar:

Post a Comment