Monday, December 19, 2011

Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan

Buah Kelapa memliki nama ilmiah Cocos Nucifera yaitu satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae termasuk anggota tunggal dalam marga Cocos. Buah Kelapa ini banyak dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya oleh manusia. Dan dianggap tumbuhan serba guna.

Khasiat Buah Kelapa:

a. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

b. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

c. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

d. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

e. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

f. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

g. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

h. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Manfaat Keseluruhan Dari Buah Kelapa:
  1. Serabut (sabut) kulit kelapa muda. Manfaat dari sabut ini tidak seistimewa sabut kulit kelapa tua. Hal tersebut terjadi karena kandungan air dalam sabut masih banyak dan sabut belum begitu kuat seratnya.

    Untuk mendapatkan sabut kelapa muda dapat dikeringkan dahulu dengan dijemur matahari. Manfaat sabut digunakan sebagai bagian pembuatan souvenir, sumber bahan bakar (biasanya masih dipakai di desa-desa), tali, keset dll.
  2. Tempurung kelapa muda. Dalam keadaan kering dapat dijadikan souvenir, sumber bahan bakar semacam arang dan permainan tradisional anak-anak.
  3. Daging buah kelapa muda. Dagingnya yang gurih dan nimat menjadi salah satu santapan ringan sambil meminum airnya. Kaya akan serat dan vitamin yang mendukung kesehatan tubuh manusia. Daging buah kelapa muda juga dapat diolah lagi menjadi berbagai macam hidangan istimewa dalam banyak variasi jenis makanan.
  4. Air kelapa muda. Merupakan bagian paling penting dari manfaat buah kelapa muda. Beberapa manfaat air kelapa muda adalah:
  • Mengobati keracunan yang mendadak terutama karena asupan lewat oral (mulut). Air kelapa muda (terutama kelapa muda hijau) dapat menetralisir racun yang sudah masuk, biasanya si pasien akan muntah-muntah setelah meminum air kelapa muda.

    Berbagai macam penyembuhan tradisional dengan air kelapa muda juga dilakukan oleh penduduk setempat.
  • Menyeimbangkan cairan ion dan mineral dalam tubuh. Banyak kandungan ‘gizi’ yang bermanfaat dari air ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C. Itulah kenapa ada beberapa macam produk minuman yang mengandalkan air kelapa muda sebagai bahan utamanya.

    Dalam perang dunia kedua, air kelapa juga memban penyembuhan banyak prajurit saat terluka di garis belakang dengan menjadikannya sebagai infus. Cairan isotonic dalam air kelapa muda memang mendekati carian infus yang banyak akan mineral dan ion.
  • Mengandung nilai gizi yang bagus guna perawatan tubuh, pada sebagaian Negara air kelapa muda ini dimanfaatkan untuk pengembangan produk kosmetika dan kecantikan.
Kelapa MudaManfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan:

* Mematikan berbagai virus yang menyebabkan mononucleosis, influenza, hepatitis C, cacar air, herpes dan penyakit-penyakit lainnya.
* Mematikan berbagai bakteri penyebab pneumonia, sakit telinga, infeksi tenggorokan, gigi berlubang, keracunan makanan, infeksi saluran kencing, meningitis, gonorrhea, luka gangren dan masih sangat banyak lainnya
* Mematikan jamur dan ragi yang menyebabkan candida, jock itch, kadas, athletes foot, ruam karena keringat dan popok dan infeksi lainnya.
* Melumpuhkan dan mematikan cacing pita, lice, giardia dan parasit lainnya.
* Menyediakan sumber nutrisi dan energi cepat.
* Meningkatkan energi dan stamina yang memperbaiki fisik dan penampilan atlit.
* Memperbaiki pencernaan dan penyerapan vitamin-vitamin dan asam amino yang larut dalam lemak.
* Memperbaiki sekresi insulin dan pendayagunaan glukosa darah.
* Meredakan stres pada pankreas dan sistem-sistem enzim tubuh.
* Membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko kesehatan yang dihubungkan dengan diabetes.
* Mengurangi gangguan yang dikaitkan dengan gejala kesulitan pencernaan dan cystic fibrosis.
* Memperbaiki penyerapan kalsium dan magnesium serta mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat.
* Membantu melindungi diri terhadap serangan penyakit osteoporosis.
* Membantu meredakan gejala sakit saluran kandung kemih.
* Meredakan gejala yang dihubungkan dengan Chron's disease, ulcerative colitis dan bisul perut.
* Mengurangi peradangan kronis.
* Mendukung penyembuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
* Mendukung dan membantu fungsi kekebalan tubuh.
* Membantu melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker colon dan kanker lainnya.
* Baik buat jantung; tidak meningkatkan cholesterol darah atau kelengketan platelet.
* Membantu mencegah sakit jantung, atherosclerosis dan stroke.
* Membantu mencegah tekanan darah tinggi.
* Membantu mencegah sakit periodental dan kerusakan gigi.
* Berfungsi sebagai antioksidan pelindung.
* Membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang meningkatkan penuaan dini dan penyakit degeneratif.
* Memperbaiki pendayagunaan asam lemak essensial dan melindunginya dari oksidasi.
* Meredakan gejala kelelahan kronis.
* Meredakan gejala benign prostatic hyperplasia (pembesaran prostat).
* Mengurangi tekanan epileptis.
* Melindungi tubuh dari penyakit ginjal dan infeksi kandung kemih.
* Membantu mencegah sakit liver.
* Kandungan kalori lebih rendah dari lemak lain sehingga efek penggunaan maksimal untuk pengobatan jauh lebih baik.
* Mendukung fungsi thyroid.
* Meningkatkan aktifitas metabolik sehingga memberikan efek penurunan berat badan yang alamiah dan stabil (mencegah kegemukan).
* Mencegah infeksi topical bila dioleskan (melalui kulit).
* Mengurangi gejala psoriasis, eksim dan dermatitis.
* Mendukung keseimbangan kimiawi kulit secara alami.
* Melembutkan kulit dan mengencangkan kulit dan lapisan lemak di bawahnya.
* Mencegah keriput, kulit kendor dan bercak-bercak penuaan.
* Memberikan penampilan rambut yang sehat dan tidak kering.
* Mencegah kerusakan yang ditimbulkan radiasi sinar ultra violet pada kulit.
* Mengendalikan ketombe.
* Membantu memberikan vitalitas dan terasa lebih muda.
* Menolak oksidasi sehingga memberikan perlindungan terhadap oksidasi berlebihan.
* Tidak beracun untuk dikonsumsi.
Kelapa Muda

0 komentar:

Post a Comment